Sabtu, 17 Desember 2011

RENUNGAN ADVEN III 2011


Bergembiralah, Mesias telah datang!
Seruan ini sangat cocok untuk umat yang mengimani Yesus Kristus Sang JuruSelamat. Intinya bahwa keteladanan Yohanes Pembabtis  dalam mendengarkan sabda Tuhan,  merenungkan, dan memewartakan kepada umat sejamannya. Penghayatan sabda Tuhan pada waktu itu,Yohanes Pembabtis menegaskan bahwa untuk mendapatkan pengampunan dari Allah manusia harus bertobat . Yohanes Pembabtis merupakan tokoh panutan yang konsisten. Apa yang dikatakannya sesuai dengan misi pertobatan yang diwartakannya. Yohanes memberikan contoh hidup yang selaras dengan sabda Allah yang direnungkan dan dilaksanakan dalam kehidupan nyata di masyarakat sesuai zamannya. Berpaling hanya kepada Allah sebagai bukti tindakan bertobat tersebut. 

Yohanes Pembabtis mengritik masyarakat pada zamannya sebagai keturunan ular beludak yaitu orang-orang yang menglkaim keturunan Abraham. Ia memberikan nasihat konkret sebagai bukti pertobatan yaitu perilaku berbagi dengan sesama atas berkat anugerah yang kita terima dari Allah. Apa saja yang dapat kita nikmati adalah berkat Allah yang harus kita bagi kepada sesama kita yang membutuhkan baik itu berupa makanan, pakaian, atau apa saja yang bisa membawa orang lain bergembira dan makin dekat dengan Allah yang Mahasempurna. 

Marilah kita berusaha mewujudkan seruan Yohanes Pembabtis di lingkungan kita masing-masing. Perbanyak-banyaklah untuk melayani sesam terutama yang miskin karena dengan melayani mereka kita telah melayani Tuhan. Amin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar