Selasa, 25 Oktober 2011

Doa Novena Arwah dan Rosario

Memasuki hari ke-24 devosi Rosario Santo Thomas menggelar ibadat khusus dalam menyambut hari raya para orang kudus. Secara istimewa Lingkungan Santo Thomas menyelenggarakan novena arwah. Doa ini merupakan pertama  kali diselenggarakan oleh Lingkungan atas gagasan Bapak Yohanes pada acara doa arwah di rumah Bapak Bali.Gagasan tersebut direspon oleh Ibu Mariyam sebagai ketua Lingkungan santo Thomas bahkan umat sangat mendukung ibadat tersebut. Novena Arwah diselenggarakan guna membantu saudara-saudari kita yang sudah meninggal dan masih menjalani siksa atas dosa di Api Penyucian.

Struktur doa novena dimulai dengan nyanyian yang sesuai dilanjutkan dengan tanda salib dan ungkapan tobat bersama. Selanjutnya diawali dengan doa pembukaan yang di dalamnya dibacakan nama-nama saudara-saudari kita yang telah meninggal. Berikutnya lagu pengantar doa novena hari ke..., doa rosario kecil untuk jiwa-jiwa di api penyucian, litani bagi jiwa-jiwa di api penyucian dan diakhiri dengan doa Bapa Kami. Acara berakhir dengan doa penutup dan berkat pengutusan.Doa novena arwah dimulai di rumah Ibu Lilik Effendi yang dipimpin oleh Bapak Yohanes.


Novena hari pertama dihadiri sekitar 40 orang. Dalam ibadat tersebut dibacakan nama arwah para leluhur lebih kurang 30 orang. Ibadat terasa khusuk dan semua umat merasakan kebersamaan dalam doa dengan keluarga yang telah meninggal beberapa tahun yang lalu. Ibada novena arwah tidak dibacakan Kitab Sauci tetapi diberikan kesempatan umat untuk mensharingkan/berbagi rasa pengalama tentang peristiwa yang dialami mengenai kearwahan. Bapak Ch.M. Efendi menyampaikan pengalamannya sebagai mantan ketua Lingkungan bahwa betapa pentingnya berlingkungan terutama bila harus mengalami kematian salah seorang anggota keluagra. Terasa pentingnya sekali bahwa menjadi umat Katolik harus membangun hidup kebersamaan dalam lingkungan.
Ibu Lilik menyampaikan pengalamannya ditinggalkan suami tercintanya justru sangat merasakan kehadiran Yesus yang diimaninya. Janji Yesus menguatkan keyakinannya bahwa Yesus pasti menyelamatkan suaminya yang dulunya nonkatolik.

Novena arwah dilanjutkan dengan doa rosario dan ditutup dengan doa berkat dan pengutusan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar