Selasa, 02 November 2010

Mengenal Lingkungan Santo Thomas

Lingkungan Santo Thomas adalah komunitas umat Katolik yang berada di wilayah Paroki Santo Andreas Malang. Wilayah Santo Thomas berada di Kelurahan Karangbesuki, Kecamatan Sukun Kota Malang. Batas wilayah sebelah timur Jalan Galunggung dan Jalan Bendungan Sutami.Sementara sebelah utara batas alam berupa sungai bersebelahan dengan Lingkungan Kristoforus Paroki Ijen. Bagian Barat dibatasi Kali Metro dan bagian selatan batas alam berupa sungai kecil bersebelahan dengan Lingkungan Santo Antonius Paroki Santo Andreas.

Kepengurusan untuk tiga tahun ke depan ( periode 2010/2013 ) diketuai oleh Ibu Mariyam. Jumlah umat di wilayah ini kurang lebih 120 jiwa yang terdiri atas 40 KK. Beberapa kegiatan yang diprogramkan Laingkungan adalah  bina iman usia dini, doa setiap hari Rabu, pertemuan Mudika, dan Misa Kudus Lingkungan setiap bulan pada hari  Kamis. Kegiatan khusus pada bulan Mei dan Oktober devosi kepada Bunda Maria diselenggarala doa rosario sebulan punuh dari rumah ke rumah.

Untuk membantu kesejahteraan umat dibentuk layanan sosial yang bergerak di bidang simpan pinjam bernama TIDARVI yang dirintis pada tahun 2008.Layanan ini melayani masyarakat umum tanpa pandang suku, agama. Layanan ini semata-mata wujud pewartaan kabar bahagia nonprofit. Hasil usaha bersama (HUB) setiap tahun dikembalikan kepada anggota berupa sembako atau kesejahteraan bentuk lain. Anggota tercatat sampai tahun 2010 berjumlah 165  orang.

1 komentar:

  1. Selamat Natal 2010 dan Tahun Baru 2011 untuk segenap warga Lingkungan St.Tomas. Sukses dan terus tingkatkan semangat pelayananmu

    BalasHapus